10 Komentar

NEGARA PERANCIS

Pendahuluan

            Perancis, merupakan sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain. Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” (“Heksagon“) karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensia yang tidak punya presiden. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.

Total luas tanah Perancis, dengan departemen dan teritori seberang lautnya (tak termasuk Daratan Adélie), adalah 674.843 kilometer persegi (260.558 sq mi), 0.45% dari luas Bumi. Tetapi, Perancis memiliki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) terbesar kedua di dunia, dengan 11.035.000 kilometer persegi (4.260.000 sq mi), sekitar 8% dari total permukaan semua ZEE dunia, setelah Amerika Serikat (11.351.000 km² / 4.383.000 sq mi) dan sebelum Australia (8.232.000 km² / 3.178.000 sq mi).

Sekilas Perancis

1.      Batas Wilayah

Perancis berbatasan dengan :

a. Sebelah Timur Jerman, Swiss, dan Italia.

b. Sebelah Barat Teluk Biscay

c. Sebelah Utara  Selat Inggris danBelgia.

d. Sebelah Selatan  Laut mediterania dan Spanyol

 

a.      Astronomis

Secara astronomis letak Perancis 42oLU – 51oLU dan 5oBB – 8oBT

b.      Geografis

Secara geografis Perancis terletak di wilayah Eropa letak geografis negara Perancis di Eropa Barat, yang berbatasan dengan Teluk Biscay dan Selat Channel, di antara wilayah negara Belgia dan Spanyol, serta di sebelah selatan Inggris Raya. Kemudian berbatasan dengan Laut Mediterania, Italia dan Spanyol.

 

2.    Iklim

Sebagian besar wilayah Negara Perancis beriklim laut sedang. Iklim ini sangat cocok sekali untuk kegiatan pertanian. Curah hujan rata-rata berkisar 500-1.200 mm setiap tahunnya. Suhu rata-ratanya sekitar 15oC. Suhu rendahnya 9oC terjadi di kota Lille, sedangkan suhu tertingginya 19,5oC terjadi di kota Strasbourg. Interior Prancis Di bagian tengah negara, ada kisaran suhu agak lebih luas daripada apa yang dilihat di utara. Di Paris suhu rata-rata pada bulan Juli adalah 64 derajat F dan adalah 36 derajat F pada Januari, seperti yang tercantum oleh Temukan Perancis.

Kawasan Pegunungan Daerah pegunungan di Perancis termasuk Pyrenees di sebelah selatan dan pegunungan Massif Tengah dan Alpen di timur. Musim dingin yang bersalju dan dingin dengan kota Alpine Briançon, misalnya, mendapatkan suhu rata-rata 28 derajat F pada bulan Januari dan 63 derajat F pada bulan Juli.

Southwest Perancis Di daerah di mana Aquitaine dan Poitou-Charente berada, ada kurang curah hujan besar daripada di bagian utara negara itu. Badai juga umum, menurut penulis di Perancis Way ini.Perancis Selatan Di sepanjang pantai Mediterania suhu lebih ringan menang. Seperti yang disebutkan oleh Temukan Perancis, Januari suhu sekitar 45 derajat F pada bulan Januari dan 73 derajat F pada bulan Juli.

3.    Bentang Alam

Perancis memiliki ruang lingkup yang sangat luas.Wilayah utara dan barat sebagian besar terdiri atas dataran rendah.Perbukitan dan pegunungan menjulang di wilayah sebelah timur, tengah dan bagian selatan.Perancis memiliki 10 wilayah daratan utama,yakni:

  • Perbukitan Brittany-Normandy adalah daerah yang memiliki bentang alam berupa dataran serta perbukitan rendah. Daerah pesisirnya merupakan dataran subur yang cocok untuk perkebunan buah apel dan padang rumput untuk penggembalaan sapi perah. Daerah teluk-teluk di wilayah ini merupakan pelabuhan-pelabuhan penting.
  • Dataran Perancis Utara adalah wilayah yang memiliki lahan yang subur dan industri yang produktif. Dataran utara termasuk datar dan mencakup perbukitan yang berhutan serta plato. Wilayah ini sangat padat penduduk dan kota Paris terdapat di kawasan ini.
  • Plato Timur Laut adalah wilayah timur laut berbatasan dengan Belgia yang dipisahkan dengan Pegunungan Ardennes. Daerah ini mencakup hutan dan menjadi semakin tidak rata di bagian tenggara (Pegunungan Vosges). Wilayah ini kaya akan hasil tambang bijih besi, besi dan baja.
  • Lembah Rhine adalah wilayah ini memiliki lereng-lereng terjal serta dasar dataran yang rata. Berbagai pepohonan dan ladang anggur memenuhi wilayah ini dan lahan pertanian subur terbentang sepanjang Sungai Rhine. Sungai ini merupakan aliran penting di daratan Eropa.
  • Dataran rendah Aquitania. Dataran ini dialiri oleh Sungai Garonne dan berbagai anak sungai bermuara ke sungai tersebut. Daerah ini memiliki pantai berpasir putih di pesisir dan bagian pedalamannya memiliki hutan pinus, dataran bergelombang dan bukit-bukit pasir. Wilayah ini juga menjadi pemasok buah anggur yang penting untuk industri minuman anggur Perancis.
  • Dataran Tinggi Tengah atau Massif Central adalah daerah yang jarang penduduknya. Tanah di wilayah ini tidak subur kecuali di beberapa lembah di mana gandum rye dan berbagai tanaman pangan diproduksi.
  • Alpen Perancis dan Pegunungan Jura membatasi wilayah Perancis dengan Italia dan Swiss. Di wilayah ini terletak Gunung Mont Blanc (4.807 m). Di daerah ini banyak terdapat resor ski.
  • Pegunungan Pyrenees membujur di perbatasan antara Perancis dan Spanyol. Banyak puncak di jajaran ini memiliki ketinggian lebih dari 3000 meter.
  • Dataran Rendah Mediterania dan Lembah Rhone-Saone memiliki daerah pertanian yang produktif dan irigasi dipergunakan secara ekstensif. Pesisirnya merupakan daerah wisata yang ramai dikunjungi.
  • Corsica adalah sebuah pulau di Laut Mediterania yang berjarak sekitar 160 km di sebelah selatan daratan utama.

 

Keadaan Penduduk

a.    Ras

Etnis modern Prancis adalah keturunan bangsa Celtic , Iberia , Ligurians dan Yunani di selatan Perancis,  dicampur dengan bangsa Jerman tiba di akhir Kekaisaran Romawi seperti Frank dan Burgundi , beberapa Moor dan Saracen ,  dan beberapa Viking yang dicampur denganNormandia dan menetap terutama di Normandia pada abad 9.

Sejak awal Republik Ketiga (1871-1940), negara tidak dikategorikan orang menurut dugaan asal-usul etnis mereka. Oleh karena itu, kontras dengan Sensus Amerika Serikat , orang Prancis tidak diminta untuk mendefinisikan appartenance etnis mereka, mana mungkin. Penggunaan kategorisasi etnis dan rasial dihindari untuk mencegah kasus diskriminasi, peraturan yang sama berlaku untuk data keanggotaan keagamaan yang tidak dapat dikompilasi di bawah Sensus Perancis. Ini Prancis klasik republik non- esensialis konsepsi kebangsaan adalah officialized oleh Konstitusi Prancis , menurut yang “Perancis” adalah kebangsaan , dan bukan etnis tertentu.

 b.    Kependudukan

Penduduk Negara Perancis berjumlah 60.424.210 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduknya 0,3% setiap tahunnya, dan kepadatan penduduk 111 jiwa/km2.

Penduduk asli Negara Perancis adalah orang Perancis. Kelompok etnis lain yang terdapat di Perancis berasal dari kaum imigran yang sebagian besar datang dari negara Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahasa persatuan penduduk Negara Perancis adalah bahasa Perancis.

 c.    Agama

Agama

Persen

Kristen

54%

Tak beragama

31%

Islam

4%

Buddha

1.2%

Yahudi

1%

Agama lainnya atau tak ada pendapat

10%

Perancis adalah sebuah negara sekuler karena kebebasan beragama adalah hak konstitusional, meskipun beberapa organisasi religius seperti Scientology,Children of GodUnification Church, dan Order of the Solar Temple dianggap sebagai pemujaan. Menurut jajak pendapat Januari 2007 oleh Catholic World News: 51% orang Perancis beragama Katolik, 31% agnostik atau ateis(Jajak pendapat lainnya memberikan ateis persentase 27%), 10% dari agama lain atau tanpa pendapat, 4% Muslim, 3% Protesan, 1% Yahudi.

Menurut Eurobarometer Poll terbaru 2005,  34% warga Perancis merespon bahwa “mereka mempercayai adanya Tuhan”, sementara 27% menjawab “mereka percaya terdapat suatu jenis ruh atau kekuatan hidup” dan 33% menyatakan “mereka tidak percaya adanya suatu jenis ruh, Tuhan, atau kekuatan hidup”. Satu survei lain menyatakan 32% penduduk di Perancis ateis, dan 32% lainnya “meragukan adanya Tuhan tapi bukan ateis”.

Jumlah komunitas Yahudi di Perancis mencapai 600.000 menurut World Jewish Congress dan merupakan yang terbesar di Eropa. Perkiraan jumlah Muslim di Perancis selalu bermacam. Menurut sensus Perancis 1999, terdapat 3.7 juta orang dengan “kemungkinan kepercayaan Muslim” di Perancis (6.3% dari total populasi). Tahun 2003, Kementerian Dalam Negeri Perancis memperkirakan jumlah Muslim mencapai 5-6 juta.

Konsep laïcité ada di Perancis dan karena ini, sejak 1905, pemerintah Perancis secara legal menolak pengakuan agama apapun (kecuali peraturan seperti ulama militer dan Alsace-Moselle). Sementara itu, Perancis mengakui organisasi religius, sesuai kriteria hukum formal yang tidak menggunakan doktrin keagamaan. Sebaliknya, organisasi religius harus mengulang dari intervensi dalam pembuatan kebijakan. Ketegangan sering terjadi mengenai diskriminasi tuduhan terhadap kaum minoritas, khususnya terhadap Muslim (lihat Islam di Perancis).

d.    Bahasa

Di Perancis Kebanyakan orang Prancis berbicara dalam bahasa Perancis sebagai mereka bahasa ibu , namun bahasa tertentu seperti Norman , Occitan , Corsica , Basque , Perancis Flemish dan Breton tetap digunakan di daerah tertentu . Ada juga telah periode sejarah ketika mayoritas orang Perancis memiliki bahasa pertama lainnya (bahasa lokal seperti Occitan ,Katalan , Alsatian , Flemish Barat , Lorraine Franconian , Gallo , Picard atau Ch’timi dan Arpitan ). Hari ini, banyak imigran berbicara lain lidah di rumah.

Menurut sejarawan Eric Hobsbawm , “bahasa Prancis telah penting untuk konsep ‘Prancis’”, meskipun pada tahun 1789, 50 persen orang Perancis tidak berbicara sama sekali, dan hanya 12 sampai 13 persen berbicara dengan cukup baik; bahkan dalam bahasa minyak zona, itu biasanya tidak digunakan kecuali di kota-kota, dan bahkan tidak selalu ada di kabupaten terpencil . Luar negeri, bahasa Prancis dituturkan di berbagai negara – khususnya mantan jajahan Prancis . Namun demikian, berbicara dalam bahasa Prancis berbeda dari menjadi warga negara Prancis. Jadi, Francophonie , atau berbicara tentang Perancis, tidak harus bingung dengan kewarganegaraan Perancis atau etnis.Sebagai contoh, speaker Prancis di Swiss tidak “warga negara Prancis”.

Asli berbahasa Inggris kulit hitam di pulau Saint-Martin memiliki kewarganegaraan Prancis meskipun mereka tidak bisa bahasa Prancis sebagai bahasa pertama, sementara tetangga mereka berbahasa Perancis imigran Haiti Creole Prancis berbicara namun tetap asing. Sejumlah besar orang-orang keturunan Prancis di luar Eropa pertama berbicara bahasa lain, khususnya Inggris, seluruh sebagian besar Amerika Utara (kecuali Prancis Kanada), Spanyol atau Portugis di selatan Amerika Selatan , dan Afrika di Afrika Selatan .

Kata sifat “Perancis” dapat digunakan untuk berarti “warga negara Prancis” atau “Perancis-speaker”, dan penggunaan bervariasi tergantung pada konteks, dengan mantan yang umum di Prancis. Makna yang terakhir ini kadang-kadang digunakan di Kanada, ketika membahas masalah internal ke Kanada.

 e.    Suku

  • Suku bangsa Nordik, bermata biru dan berambut pirang, tinggal di wilayah utara
  • Suku bangsa Alpina, bermata coklat dan berambut pirang, tinggal di wilayah tengah
  • Suku bangsa Mediteran, bermata kecoklatan, dan berambut hitam bergelombang
  • Suku bangsa Slavia, bermata abu-abu biru, rambut pirang keputih-putihan

 f.     Bentuk Pemerintahan

Perancis terbagi menjadi 26 region administratif. 22 terletak di Perancis Metropolitan (21 berada di wilayah kontinental atau Perancis Metropolitan; satu adalah jajahan teritorial Corsica), dan empat adalah region seberang laut. Region itu kemudian dibagi lagi menjadi 100departemen yang diberi nomor (umumnya huruf). Nomor ini digunakan di kode pos dan plat nomor kendaraan di antara yan lain. Empat dari departemen tersebut terletak di region seberang laut dan secara langsung region seberang laut dan departemen seberang laut adalah bagian integral Perancis (dan Uni Eropa) dan menikmati status yang sama dengan departemen metropolitan. Ke-100 departemen terbagi menjadi 341arondisemen yang, kemudian, dibagi lagi menjadi 4.032 kanton. Kanton-kanton tersebut dibagi menjadi 36.680 komune, yang merupakan kotamadya dengan dewan kotamadya terpilih. Juga ditetapkan 2.588 entitas antarkomune yang mengumpulkan 33.414 dari 36.680 komune (91.1% dari seluruh komune). Tiga komune, Paris, Lyon dan Marseille dibagi menjadi 45 arondisemen kotamadya.

Region, departemen dan komune dikenal sebagai jajahan teritorial, berarti mereka memiliki majelis lokal juga eksekutif. Arondisemen dan kanton adalah pembagian administratif. Tetapi, tidak selalu menjapada masalah. Hingga 1940, arondisemen adalah jajahan teritorial dengan majelis terpilih, tapi dibatalkan oleh rezim Vichy dan dihapus oleh Republik Keempat tahun 1946. Secara sejarah, kanton juga jajahan teritorial dengan majelis terpilih.

Selain 26 region dan 100 departemen, Republik Perancis juga memiliki enam jajahan seberang laut, satu jajahan sui generis (Kaledonia Baru), dan satu teritori seberang laut. Jajahan dan teritori seberang laut membentuk bagian dari Republik Perancis, tapi tidak membentuk bagian dari Uni Eropa atau wilayah keuangannya. Teritori Pasifik terus menggunakan Franc Pasifik yang nilainya dihubungkan dengan euro. Secara kontras, empat region seberang laut sebelumnya menggunakan franc Perancis dan sekarang menggunakan euro.

Perancis juga mempertahankan kontrol terhadap sejumlah pulau berpenghuni non-permanen kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik : Bassas da IndiaPulau ClippertonPulau EuropaKepulauan GloriosoPulau Juan de NovaPulau Tromelin.

g.    Kegiatan Ekonomi

Perancis merupakan salah satu ekonomi terbesar di dunia. Namun, karena adanya analisis yang berbeda, terdapat ketidaksetujuan seberapa besar ekonomi Perancis. Data International Monetary Fund (IMF) memasukan ekonomi Perancis terbesar ke-8 menurut keseimbangan kemampuan berbelanja (PPP) tahun 2007 sebesar US$2,046,899 juta. Bank Dunia memperkirakan Produk Domestik BrutoPerancis tahun 2006 sebesar US$1,959,745 juta, atau terbesar ketujuh di dunia. Peringkat yang dipublikasikan oleh CIA World Factbook tahun 2008 menentukan GDP Perancis sebesar $2.067 triliun, terbesar ke-8 menurut pengukuran PPP.

Perekonomian Negara Perancis didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.

1) Pertanian

Tanaman pertanian di Negara Perancis banyak ditanam di bagian utara dan timur laut. Di daerah ini tanahnya sangat subur dan sangat cocok ditanami bit (tebu) dan gandum. Di bagian selatannya banyak ditanami anggur (penghasil terbesar ke-2 dunia). Hasil-hasil pertanian lainnya yaitu kentang, Barley, apel, dan sayur-sayuran

2) Peternakan

Jenis ternak yang dipelihara adalah lembu, biri-biri, dan babi. Hasil ternaknya berupa susu (pengahasil terbesar ke-3 dunia), daging, keju, dan mentega. Daerah-daerah peternakannya terdapat di pantai barat laut (sapi perah), Normandia dan Requefort (keju), dan Perancis tengah (daging).

3) Perikanan

Jenis-jenis ikan yang dihasilkan antara lain ikan haring, ikan cod, ikan tuna, dan kerang-kerangan. Penagkapan ikan dipusatkan di pelabuhan pantai Armorica. Pabrik pengalengan ikan terdapat di kota Boulogne dan Lorient.

4) Pertambangan

Jenis-jenis tambang yang terdapat di Perancis antara lain sebagai berikut

· Batu bara, terdapat di Artois, Nord, dan Lorraine.

· Minyak bumi, terdapat di Landes.

· Gas alam terdapat di pegunungan Pyrene

· Bijih besi dan fosfat, terdapat di Lorraine.

· Bauksit, terdapat di Brignoles, Provence, dan Largen Tiere.

· Potas, terdapat di selatan Alsace.

· Garam, terdapat di Midi, Vendee, dan Lorraine.

5) Perindustrian

Jenis-jenis yang diusahakan dan dikembangkan antara lain sebagai berikut.

· Industri pengawetan dan pengalengan ikan terdapat di Boulogne dan Lorient.

· Industri/Proyek tenaga listrik raksasa pertama di dunia yang menggunakan arus pasang surut, terdapat di muara sungai Rance di teluk Saint-Malo (Bretagne).

· Industri mobil terbesar terdapat di Renault.

· Industri besi baja, terdapat di Usinor Dunkerque dan Fos – Sur – Mer.

· Industri pesawat terbang, terdapat di Paris dan Toulouse.

· Industri kimia, terdapat di Lyon.

· Industri elektronika, terdapat di Paris.

6) Perdagangan

· Ekspor utama Negara Perancis adalah mobil, lokomotif, kapal barang, barang kimia, tekstil, pakaian, persenjataan, dan anggur.

· Impor Negara Perancis adalah batu bara, kapas, minyak bumi, bahan mentah industri, dan alat-alat transportasi.

· Mitra dagang utamanya ialah Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan Amerika Serikat.

 

 Hubungan Bilateral

 a.    Hubungan Perancis dengan Dunia

Perancis adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjabat sebagai salah satu anggota permanen Dewan Keamanan PBB dengan hak veto. Juga anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Sekretariat Komunitas Pasifik (SPC) dan Komisi Samudera Hindia (COI). Negara ini adalah anggota terkait Asosiasi Negara Karibia (ACS) dan anggota utama Organisasi Francophone Internasional (OIF) dari lima puluh satu negara penutur bahasa Perancis. Memiliki kantor pusat OECD,UNESCOInterpolAlliance Base dan International Bureau for Weights and Measures. Tahun 1953 Perancis menerima permintaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsauntuk membuat lambang yang dapat mewakilinya secara internasional. Kemudian lambang Perancis digunakan dan dipakai pada paspor.

Kebijakan luar negeri Perancis telah dibentuk oleh keanggotaan Uni Eropa, yang merupakan anggota pendiri. Tahun 1960-an,Perancis berusaha mengeluarkan Britania Raya dari organisasi itu, karena hanya diperuntukkan benua Eropa. Sejak 1990-an, Perancis telah membuat hubungan dekat dengan Jerman bersatu untuk menjadi penggerak paling berpengaruh di UE, tapi menyaingi Britania dan membatasi pengaruh negara-negara Eropa Timur. Perancis adalah anggota North Atlantic Treaty Organisation, tapi dibawah Presiden de Gaulle, Perancis mengeluarkan diri dari komando militer bersama untuk menghindari dominasi kebijakan luar negeri dan keamanannya oleh pengaruh politik dan militer AS. Pada awal 1990-an, negara ini menerima banyak kritik dari negera lain untuk ujicoba nuklir bawah tanahnya di Polinesia Perancis. Perancis menentang keras Invasi ke Irak 2003, mengancam hubungan bilateral dengan AS dan Britania. Perancis mempertahankan pengaruh politik dan ekonomi yang kuat di bekas koloni Afrikanya dan mengirim bantuan ekonomi dan tentara untuk misi penjaga perdamaian di Pantai Gading dan Chad.

b.    Hubungan Perancis dengan Indonesia

1) Bidang Diplomatik

Masing-masing Negara menempatkan duta besar sebagai perwakilannya.

2) Bidang Sosial Ekonomi

  • Negara Perancis banyak membantu Negara Indonesia melalui CGI (Consultative Group on Indonesia). Hal ini sangat membantu sekali dalam proses memperlancar pembangunan ekonomi di Indonesia.
  • Banyak Perusahaan-perusahaan swasta Perancis yang menanamkan modalnya di Negara Indonnesia.

3) Bidang Pendidikan Dan kebudayaan

  • Tukar menukar pelajar, mahasiswa, dan staf pengajar. Mahasiswa Indonesia banyak melanjutkan sekolahnya pada bidang kedokteran, ekonomi, teknik, dan sastra di Perancis. Sedangkan mahasiswa Perancis banyak belajar di Indonesia pada bidang sastra dan budaya.
  • Di bidang budaya, negara Indonesia sering melakukan pagelaran / pameran di negara Perancis sebagai upaya promosi agar wisatawan Perancis lebih banyak yang berkunjung ke Negara Indonesia.

4) Bidang Perdagangan

  • Impor dari Indonesia antara lain minyak sawit, kopi, lada, kayu lapis, dan ikan.
  • Ekspor ke Indonesaia antara lain lokomotif, barang elektronoka, mobil, kapal terbang, pakaian, dan parfum.

10 comments on “NEGARA PERANCIS

  1. I LIKE THIS BLOG,BECAUSE HELP ME TO DO MY WORKK….thxx

  2. Thanks. Is very usefull for me.

  3. Saya tertarik dengan bahasa regional prancis. Tolong dishare buku-buku atau jurnal mengenai terkait mengenai b.regionalnya. Merci d’avant

  4. thanks for info. :)

  5. this is so helpful for my presentation! thank you so much :)

  6. its very complite, enjoy here with the music, very good. thans with the information :)

  7. I’ve been browsing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will be
    much more useful than ever before.

  8. you know is the best blog , I have ever met !! I like the blog is really help me for my assigment and I really the selection of appropriate music and I enjoyed it very complete, thanks for the information

  9. thanks bro, it’s very helpfull article and also nice music…
    good job

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: