9 Komentar

Curhatan Saya Sebagai Anak Teknik Informatika

Saat pertama kali masuk semester 1 jurusan TI (Teknik Informatika) hal yang terpikirkan adalah wow keren gaya nih jurusan komputer,  yang terlintas dikepala saya hanyalah tentang komputer saja, tanpa berpikir penunjang – penunjang tentang komputer..

Ya judulnya saya terjebak, saya yang sangat menghindari matematika mau tidak mau dijejali dengan logika – logika infomatika, aljabar linier, kalkulus, statistik, fisika dasar, matematika diskrit, manajemen sains, fuzzy, dan lainnya ternyata ini gudangnya matematika, justru saya salah menghindar justru masuk kedalamnya

Bukan hanya itu saya dikejutkan dengan yang namanya bahasa – bahasa pemrograman yang luar biasa banyaknya, serta coding yang rumit yang membutuhkan nalar logika yang sangat kuat untuk menghasilkan sebuah aplikasi, ditambah rasa frustasi saat mengerjakannya jika sudah mengetik panjang lebar saat dicoba running ternyata error, belum juga ditambah dosen yang menyampaikan materinya luar biasa saya tidak paham

Saat itu saya tersadar saya harus belajar sendiri, dan mencari tau sendiri, dengan memanfaatkan google saya mencari – cari coding yang ada, dilihat lalu lakukan modifikasi, walaupun susah dalam mencarinya namun akhirnya bisa ditemukan walaupun bahasanya Inggris, tapi saya terus coba membuat catatan tersendiri berisi rangkuman – rangkuman coding beserta penjelasannya, serta jenis – jenis tipe data apa saja, dan lain – lain..

Ya saat ini saya sudah semester 5, dan saya masih bertahan di jurusan ini, saya bertahan dijurusan ini bukan karena saya begitu menyukainya, tapi saya tak ingin mengecewakan orang tua saya, walau dalam faktanya saat ini satu bahasa pemrograman pun belum saya kuasai secara mahir, masih di tingkat ecek – ecek,  tapi saya akan berusaha disisa waktu semester yang sebentar lagi, saya akan tak ingin asal lulus menjadi sarjana komputer, tapi minmal saya harus bisa mahir 1 bahasa pemrograman secara betul – betul..

Semoga kisah ini ada inspirasinya..

9 comments on “Curhatan Saya Sebagai Anak Teknik Informatika

  1. Kak, aku ada niatan juga sih pengen masuk TI, soalnya aku suka banget sama hal-hal yang berbau komputer dan semacamnya. Aku juga suka sama pelajaran matematika. Bisa share gak kak coding atau software apa yang sering digunakan di TI? Makasih kak :)))

    • Cocok banget tuh kalau suka matematika masuk jurusan TI, soalnya TI itu berkaitan sama logika, kalau software yang sering digunakan itu visual studio tapi itu perlu lisensi, kalo yang free bisa pake netbeans itu untuk pemrograman deskop, kalo web bisa pake notepad++ atau DW.
      Untuk coding cari cari juga pasti ada, tips untuk cari coding cari pakai bahasa inggris soalnya lebih banyak hasil pencariannya🙂

  2. bener bro, aku jga gtu.. ternyata jd anak TI susah juga

  3. Wew,,, ane paling males matematika, tapi gimana ya,,, saya pengen masuk IT

Tinggalkan Balasan

